Kabar Rupabumi Kota Probolinggo

SOSIALISASI PERATURAN WALIKOTA PROBOLINGGO

TENTANG PENAMAAN RUPABUMI

Kamis, 07 Juni 2018 agenda kegiatan Bagian Pemerintahan Setda Kota Probolinggo menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Walikota Probolinggo Tentang Penamaan Rupabumi peserta yang hadir saat itu ada sebanyak 100 orang undangan yang berasal dari 40 Kepala OPD se Kota Probolinggo dan 60 orang peserta sosialisasi yang berasal dari Kelurahan, Kecamatan dan OPD terkait di Kota Probolinggo. Acara Sosialisasi dibuka tepat pukul 08.30 WIB oleh Ibu Walikota Probolinggo Ibu Hj. Rukmini SH. M.Si. sendiri mengingat begitu pentingnya penamaan rupabumi ini sendiri didampingi oleh Kepala Bagian Pemerintahan Dra. Ina Lusilinawati, M.Si. dan Plt. Asisten Pemerintahan. Dalam sambutan Ibu Walikota sendiri menerangkan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian yaitu (1) penguatan kelembagaan sebagai motor penggerak dalam kegiatan pembakuan nama rupabumi, (2) pentingnya pembakuan nama rupabumi (nama-nama geografi) sebagai bagian dari pengungkapan identitas, sejarah dan sekaligus salah satu potensi wisata, (3) penerapan konsep manajemen pengetahuan agar data dan informasi terkait rupabumi dapat terdokumentasi dengan baik serta mudah di akses dan (4) pembakuan nama rupabumi dengan mengedepankan kearifan lokal termasuk tidak menggunakan istilah asing secara berlebihan. setelah acara sambutan dari Ibu Walikota selesai, maka dilanjutkan dengan paparan oleh Bagian Pemerintahan yang diwakili oleh Nanang Hartono, S.Kom. selaku Kasubag Otonomi Daerah.

Nama rupabumi atau nama topografi atau nama-nama geografi atau nama-nama tempat adalah nama-nama yang digunakan untuk unsur-unsur alami maupun unsur buatan manusia yang berada di permukaan bumi. Di dalam kehidupan modern nama rupabumi dibakukan sebagai bagian dari tata administrasi pemerintahan yang baik (good governance). Bahwa nama rupabumi lebih dari hanya sekedar nama-nama tempat dalam suatu peta, tetapi nama-nama itu bersifat lokasional dan merupakan komponen dari sistem informasi yang terorganisir secara keruangan. Nama rupabumi merupakan suatu titik akses langsung dan intuitif terhadap sumber informasi lain yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan bagi para pembuat kebijakan dan manajer serta kerjasama di antara organisasi lokal, nasional dan internasional.

Acara sosialisasi diakhiri tepat pukul 11.00 WIB, besar harapan dari sosialisasi ini agar semua OPD terkait di Kota Probolinggo dapat menjalin kerjasama yang intensif guna pembakuan rupa bumi yang valid dan akurat.