Bimtek LPPD

BIMTEK PENYUSUNAN LPPD

BERBASIS APLIKASI

BANYUWANGI, 14 -16 NOPEMBER 2018

Bagian Pemerintahan Setda Kota Probolinggo terus berbenah ke arah lebih baik komitmen ini dibuktikan salah satunya dengan telah diselenggarakan kegiatan Bimtek LPPD Berbasis Aplikasi oleh Bagian Pemerintahan Setda Kota Probolinggo.  Acara Bimtek dibuka langsung oleh Bapak Asisten Pemerintahan Setda Kota Probolinggo Ir. Gogol Sudjarwo, M.Si. menerangkan bahwa LPPD adalah laporan atas penyelenggaraan pemerintah daerah selama 1 (satu) tahun anggaran berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah. Disampaikan bahwa pada tahun 2016 Kota Probolinggo meraih peringkat LPPD terbaik ke 4 di Jawa Timur dengan skor 3,2442 maka diharapkan LPPD di tahun 2018 dapat meningkat karena LPPD mencerminkan nilai kinerja bukan hanya kinerja pemerintah kota tetapi juga kinerja staf dan pimpinan di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Ada beberapa narasumber yang hadir dan memberikan materi kepada peserta yang pertama Bapak Kepala Pemerintahan Setda Kabupaten Banyuwangi Drs. Nurhadi, M.Si. pada paparannya beliau menerangkan tentang pengertian, tujuan dan dasar LPPD serta menerangkan tentang perkembangan nilai LPPD Setda Banyuwangi. Pemateri Kedua oleh Kasubag Pemerintahan Umum dan Kewilayahan Setda Banyuwangi Mahendra Setyawan, S.STP, M.Si. beliau menerangkan tentang Aplikasi E-LPPD yang selama ini sudah dijalankan di Setda Banyuwangi dan bagaimana pula Aplikasi ini dapat mempermudah dan mempraktiskan data LPPD yang begitu banyaknya sehingga menjadi aplikasi yang bermutu untuk mengembangkan nilai LPPD disuatu daerah tertentu. Pemateri Ke tiga narasumber dari Biro Pemerintahan Provinsi Jawa Timur Ibu Dwi Mardiana, S.STP, M.Si.

Pada hari Ketiga peserta bimtek dituntut untuk menggunakan laptop dalam pelaksanaan simulasi menggunakan Aplikasi E-LPPD dan juga menggunakan makro excel LPPD oleh kedua narasumber.  Dari hasil bimtek ini diharapkan dapat segera diimplenetasikan penggunakan aplikasi E-LPPD harapan dari semua peserta yang hadir.

Peringatan HUT Provinsi Jawa Timur ke 73

MERIAHKAN HARI JADI PROVINSI JAWA TIMUR KE 73

SIAPKAN BERBAGAI DOOR PRIZE JALAN SEHAT

Jum at, 16 Nopember 2018 Bagian Pemerintahan Setda Kota Probolinggo memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke 73 bersamaan dengan Peringatan HKN Ke 54 Oleh Dinas Kesehatan dan HUT ke 47 Korpri serta HUT Dharma Wanita Persatuan berlangsung meriah. Jalan sehat digelar pada acara tersebut dimana peserta jalan sehat terdiri dari seluruh pimpinan  hingga staf Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga , Perwakilan Sekolah Dasar dan SMP Negeri, serta Pemerintah Kota Probolinggo. Jalan sehat dibuka langsung oleh Bapak Sekda Kota Probolinggo dr. Bambang Agus Suwignyo, dimulai dari start di alun alun Kota Probolinggo. Peserta melalui rute jalan sehat Jl. Ahmad Yani menuju ke barat hingga Jl. Panjaitan – Jl. Diponegoro – Jl. Imam Bonjol – Jl. Suyoso dan finish ke alun – alun Kota Probolinggo.Tidak sampai disitu saja, usai jalan sehat acara dilanjutkan dengan pelepasan balon oleh panitia HKN dan Bapak Sekda Kota Probolinggo dan Senam Jantung Sehat, Senam Maumere, dan Senam Cerdik. Pagi itu, juga ada aksi sosial donor darah dan penggalangan dana untuk korban gempa Palu.

Acara makin menarik karena panitia membagikan door prize bagi peserta jalan sehat yang beruntung. Tidak tanggung tanggung beberapa door prize seperti 1 kulkas, 2 sepeda gunung, 1 kompor gas, 1 TV, serta 1 kipas angin disediakan oleh Bagian Pemerintahan Setda Kota Probolinggo. Peserta jalan sehat juga dihibur dengan penampilan RuSak Band. Acara pembagian d door prize  dan hiburan pun berakhir pukul 09.00 WIB. “Peringatan ini selain mewujudkan kebersamaan di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo juga sebagai motifasi hidup sehat bagi seluruh masyarakat di Kota Probolinggo” terang Rike Dwi Aryanti, SE.M.M Kasubag Kerjasama yang mewakili Kepala Bagian Pemerintahan pada acara tersebut.

BBGRM JAWA TIMUR

BBGRM XV dan HKG PKK Ke 46 PROVINSI JAWA TIMUR

RAIH PERINGKAT II LOMBA LOMBA GOTONG ROYONG DAN

PIN EMAS KADER PKK

Senin, 12 Nopember 2018, Pemerintah Kota Probolinggo diwakili oleh Bagian Pemerintahan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan yang diadakan oleh Provinsi Jawa Timur. Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XV dan HKGPKK ke 46.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Walikota/ Bupati serta Ketua Tim Penggerak PKK se-Jawa Timur

Puncak peringatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Jawa Timur dan Mars PKK serta pengucapan ikrar BBGRM. Selanjutnya peserta dihibur dengan tarian khas Ponorogo. Pada pidato pembukaan Bupati Ponorogo menyampaikan ucapan selamat datang di “Bumi Reog” kepada Bapak Gubenur dan Ketua Tim Penggerak PKK se-Jawa Timur serta seluruh peserta yang hadir Bupati juga menyampaikan BBGRM memiliki makna luar biasa. Sebagai masyarakat dengan kultur mataraman yang sangat mengedepankan gotong-royong dan budaya dan dengan tidak meninggalkan religiusitas.

“Adanya kegiatan ini tentu menambah semangat dan motivasi untuk terus mendorong  budaya gotong royong ini menjadi bagian penting dari suksesnya pembangunan di Jawa Timur dan terutama di Ponorogo. Ini sebuah sifat perilaku yang sangat baik, dengan kegotong-royongan banyak hal yang sulit diselesaikan itu bisa diselesaikan’’ katanya.

Dalam perhelatan ini, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang diikuti oleh Pemerintah Kota Probolinggo. Pertama, Pemerintah Kota Probolinggo berkontribusi dalam mengenalkan produk unggulan yang berasal dari Kecamatan Kademangan berupa kerajinan anyaman plastik melalui pameran BBGRM. Dengan menggandeng UKM Mas Mbrunang, Pemkot Probolinggo mempromosikan berbagai hasil kerajjinan anyaman seperti keranjang sampah, partisi ruangan, vas dan pot bunga yang keseluruhan adalah hasil pembinaan kepada masyarakat yang telah dilakukan selama ini. Selain pameran, Pemkot Probolinggo juga berpartisipasi dalam mengikuti Lomba Pelaksanaan Gotong Royong Tingkat Provinsi Jawa Timur. Atas dukungan dari berbagai pihak, akhirnya Pemkot Probolinggo diwakili oleh LPM Kelurahan Mayangan berhasil mendapatkan predikat Pelaksana Gotong Royong Terbaik 2 Tingkat Provinsi Jawa Timur. Hal lain yang juga membanggakan adalah salah satu dari Kader PKK Kota Probolinggo memperoleh piagam penghargaan serta pin emas yang diberikan oleh Ketua Tim PKK Jawa Timur.

Menurut Dra. Ina Lusilinawati, M.Si. acara BBGRM adalah suatu bentuk wujud nyata dari keragaman yang saling bahu membahu membangun Pemerintahan Kota Probolinggo menuju kota yang lebih maju lagi baik di tingkat perekonomiannya maupun di tingkat sumber daya masyarakatnya. Tak  lupa juga Dra Ina Lusilinawati, M.Si. mengucapkan rasa syukur yang mendalam atas keberhasilan rangkaian acara yang telah diikuti oleh Pemerintah Kota Probolinggo dalam kegiatan ini serta diraihnya berbagai prestasi pada kegiatan ini.