Melihat Potensi Kelurahan Lewat Lomba Kelurahan Jati Kampung Seni

Melihat Potensi Kelurahan Lewat Lomba Kelurahan Jati Kampung Seni

 

Hari Selasa, 14 Mei 2019 menjadi momen yang tidak biasa bagi Lurah Jati, Endah Dwi K. Pasalnya, Kelurahan Jati termasuk dalam nominasi 6 (enam) besar Lomba Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019.
Untuk masuk dalam nominasi tersebut, memang tidak mudah. Sejumlah aspek dan indikator penilaian harus dipenuhi sebagai standar kategori Kelurahan Berkembang. Tidak hanya sampai di situ, inovasi dan kreatifitas bersama masyarakat serta sinergitas dengan tiga pilar merupakan hal yang dituntut untuk ada dan selalu ditingkatkan.
Penilaian terhadap perkembangan kelurahan ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh Bagian Pemerintahan Setda Kota Probolinggo. Tidak hanya untuk menjadi ajang lomba, tapi yang lebih utama, adalah program ini dapat menjadi sarana penilaian bagi setiap Kelurahan yang ada di Kota Probolinggo. Harapannya, bahwa kualitas penyelenggaraan pemerintahan di tingkat Kelurahan dapat terukur dengan baik.
Penyelenggaraan penilaian Lomba Kelurahan Terbaik Tahun 2019 ini agak sedikit berbeda. Karena secara mekanisme lomba, setiap Lurah se-Kota Probolinggo wajib untuk memaparkan potensi dan inovasi yang ada di wilayahnya masing-masing secara langsung di depan Camat maupun Tim Penilai Kota untuk nominasi 4 (empat) besar tingkat Kota. Perbedaan yang lain adalah mekanisme penilaian yang tidak hanya menitikberatkan pada penyelenggaraan pemerintahan saja, tapi juga fokus pada pelaksanaan 10 program PKK di wilayah.
Berharap untuk menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Jawa Timur, Kelurahan Jati menyampaikan tentang 6 (enam) inovasi utama yang dimiliki yaitu Jati Yamari (Pelayanan Malam Hari), Roadshow 3 Pilar, JKS (Jati Kampung Seni) dan GaSeBu (Galeri Seni Budaya), Posyandu Dolan, Kampung SAE, dan Arisan Beras (Arisan Bersama Rumah Sehat). Dalam paparan potensi kelurahannya, Lurah Jati menyampaikan tentang setiap Latar Belakang, Proses, serta Dampak Positif yang didapatkan dari setiap inovasi yang telah berjalan di Kelurahan Jati.
Sebagai lurah, Endah tetap berharap yang terbaik dari hasil penilaian ini, walaupun menjadi pemenang hanyalah bonus dari semua proses yang telah dia lakukan selama ini.

2 thoughts on “Melihat Potensi Kelurahan Lewat Lomba Kelurahan Jati Kampung Seni”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *