Berdasarkan Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 194 Tahun 2019 dimaksud, Subbagian Pelaporan Pemerintahan mempunyai tugas :

  1. Menghimpun dan  menelaah  peraturan  perundang-undangan,  petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Subbagian Pelaporan Pemerintahan;
  2. Menyusun  rencana   program   dan   kegiatan   serta   pelaksanaan pada Subbagian Pelaporan Pemerintahan;
  3. Membagi tugas, memberi petunjuk dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Menyiapkan  bahan perumusan kebbijakan dan petunjuk teknis berkaitan dengan subbagian Pelaporan Pemerintahan;
  5. Melaksanakan penyusunan dan evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Laporan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Kepala Daerah;
  6. Melaksanakan fasilitasi penyusunan Standart Pelayanan Minimal (SPM) Organisasi Perangkat Daerah;
  7. Melaksanakan fasilitasi tugas pembantuan dan dekonsentrasi;
  8. Melaksanakan koordinasi  dan  fasilitasi  serta  penyusunan  kebijakan penataan wilayah perbatasan Kota;
  9. Melaksanakan fasilitasi  pembentukan,  penghapusan  perubahan  batas, perubahan nama daerah serta pemindahan, perubahan nama ibukota daerah kota dan kecamatan;
  10. Memfasilitasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah;
  11. Melaksanakan fasilitasi dan koordinasi dalam rangka perencanaan keuangan, barang milik daerah, akuntabilitas kinerja, ketatalaksanaan, ketatausahaan dan kepegawaian pada Bagian Pemerintahan;
  12. Melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Subbagian Pelaporan Pemerintahan;
  13. Menyusun laporan  pelaksanaan  program  dan  kegiatan  serta  realisasi anggaran Subbagian Pelaporan Pemerintahan; dan
  14. Melaksanakan tugas  dinas  lain  yang  diberikan  oleh  Kepala  Bagian Pemerintahan sesuai dengan tugas dan fungsinya.